Skip links
Published on: Nusa Penida

Tempat Wisata di Nusa Penida

Nusa Penida merupakan destinasi wisata terfavorite dan unik bagi wisatawan local maupun mancanegara. Berikut ini 12 Tempat Wisata di  Nusa Penida yang Wajib anda kunjungi saat liburan ke Bali :

Tempat Wisata di Nusa Penida

  1. Pantai Pasih Andus / Smoke Beach

smoke beachPantai Pasih Andus atau Smoke Beach berada di dekat Pantai Pasih Uug. Pantai ini disebut dengan Pasih Andus oleh masyarakat sekitar karena bentukan hempasan atau deburan ombak yang menabrak karang menyerupai asap. Pasih Andus ini berarti Pantai Asap. Asap yang ditimbulkan bukan akibat polusi udara melainkan deburan ombak alami. Pantai Pasih Andus terletak di Dsn. Sompang, Ds, Bunga Mekar, Nusa Penida.

Saat berada disana Anda akan melihat penampakan Pulau Nusa Ceningan yang bersebrangan dengan pantai ini. Nampak juga beberapa tebing yang tinggi dan suara deburan ombak yang terdengar bagaikan melodi musik yang indah. Ombak di Pantai Pasih Andus sangat besar, selain itu terdapat karang-karang yang sedikit menjorok ke pantai. Ketika ombak berdebur kencang akan menghantam atau membentur karang ini.

  1. Pantai Suwehan

suwehan beachPantai Suwehan Nusa Penida memiliki pasir yang berwarna putih dan terdapat batu yang sangat di laut yang berbentuk segitiga.  Banyak orang juga yang menyebutnya Pantai Volcom karena batu tersebut menyerupai brand volcom. Pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk Anda yang ingin berlibur mencari ketenangan dan refreshing.

Selain itu Anda juga bisa bersantai menikmati indahnya lautan sambil merasakan udara sejuk dan hembusan angin pantai. Kalian juga bisa berenang di pantai ini, tapi jangan terlalu ke tengah ya karena berbahaya. Di beberapa area sudah dipasang bendera merah untuk memperingati wisatawan. Selain itu kita juga bisa melihat ada perahu nelayan traditional di pantai ini.

Pantai Suwehan terletak di ujung tenggara Nusa Penida lebih tepatnya dusun Watas, Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali. Untuk menuju pantai Suwehan kalian bisa melalui desa Tanglad dengan berjalan kaki kurang lebih 300 meter dengan jalan yang sempit, menurun, dan curam. Sebelum mencapai di pantai Suwehan Nusa penida kalian akan melewati candi bentar, disana juga terdapat Pura Puseh.

  1. Teletubbies Hill

teletubies hillTeletubbies Hill merupakan kumpulan gunung kecil yang dihiasi dengan rerumputan hijau diatasnya. Bukit ini dinamakan dengan Teletubbies hill karena bentuk bukit ini menyerupai rumah para Teletubbies.  Jika anda dari Pulau Bali , Anda bisa naik fast boat ke Nusa Penida untuk sampai lebih cepat. Harga tiket masuknya untuk wisatawan lokal atau domestik hanya dipatok seharga Rp 10 ribu/ mobil saja.

 

 

  1. Abangan hill

Abangan Hills merupakan kawasan perbukitan hijau dengan pemandangan yang indah yang berada di Nusa Penida. Destinasi wisata satu ini berada di kawasan utama Klungkung dan merupakan tempat tertinggi di Nusa Penida. Karenanya, Abangan Hills tidak selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Saat mengunjungi Abangan Hills, Anda tidak hanya akan dibuat takjub oleh pemandangan Nusa Penida dari ketinggian. Pepohonan dan rerumputan hijau yang dihinggapi kupu-kupu beraneka warna turut menambah daya tarik bukit wisata satu ini. Tidak perlu bersusah payah untuk dapat sampai ke puncak Abangan Hills. Anda hanya perlu berjalan kaki selama lima menit dari tempat parkir kendaraan. Di puncaknya juga sudah tersedia bangku-bangku kecil untuk beristirahat. Abangan Hills terletak di Desa Tanglad, Nusa Penida.

  1. Rumah Pohon Batu Molenteng

Rumah pohon MolentengRumah Pohon Batu Molentang bisa menjadi tempat wisata sekaligus tempat menginap yang menarik. Dari rumah pohon ini, Anda dapat melihat keindahan alam yang dimiliki oleh Nusa Penida, Bali. View yang terlihat adalah bentangan alam laut dan Pantai Atuh yang sangat memesona. Oleh karenanya rumah pohon ini disebut juga Rumah Pohon Batu Molenteng Atuh Area. Tiket masuknya juga lumayan murah, hanya Rp 10.000/orang. Sedangkan ongkos parkir kendaraan hanya dikenakan Rp 5.000.

Rumah Pohon Batu Molenteng berukuran 4 × 4 meter dengan kapasitas hingga 5 orang lho. Bangunan yang ini juga disewakan untuk menginap dengan biaya sewa hanya Rp 300.000 per malam. Tidak terlalu mahal, mengingat pemandangan yang dimiliki tempat ini mengagumkan. Terlebih kalau dipakai untuk menginap bersama pasangan. Akan terasa sangat romantic. Rumah Pohon Batu Molenteng Atuh Area berada di wilayah Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Nusa Penida, Bali.

Tempat Wisata di Nusa Penida

  1. Goa Giri Putri

goa giri putriGoa Giri Putri ini merupakan salah satu goa yang ada di Nusa Penida. Nama Pura Goa Giri Putri diambil dari kata “giri” yang berarti bukit atau gunung dan kata “putri” yang berarti wanita. Karena goa suci ini merupakan tempat pemujaan Siwa berupa manifestasi dewi yang bersifat merawat, melindungi serta mencintai manusia sehingga nama Giri Putri disematkan untuk nama goa. Pura ini biasanya sering dikunjungi oleh rombongan yang sedang tirta yatra di Nusa Penida.

Untuk menuju lokasi goa tidaklah mudah, Anda harus terlebih dahulu mendaki 110 anak tangga hingga sampai di mulut goa. Jika goa pada umumnya memiliki mulut yang lebar dan besar berbeda dengan Pura Goa Giri Putri yang memili mulut kecit dan sempit. Bahkan untuk masuk ke dalam goa membutuhkan perjuangan karena mulut goanya hanya selebar 80 centimeter serta berlekuk-lekuk. Di sinilah letak keseruan memasuki Pura Goa Giri Putri Nusa Penida ini. Pengunjung harus tetap merunduk serta jalan berjongkok sepanjang 3 meter untuk sampai di lokasi tengah goa. Setelah berjalan jongkok, Anda akan menemukan ruangan yang luas dan lebar. Sangat tak disangka, dari luar tampak sempit karena mulut goa sangat kecil. Namun ternyata di dalam goa dapat menampung hingga 5000 orang. Pura Goa Giri Putri terletak di Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Bisa ditempuh dalam 20 menit perjalanan ke arah timur dari Pelabuhan Sampalan Nusa Penida.

  1. Tembeling Water Spring

Mata Air Tembeling Nusa Penida memiliki mata air yang sakral dan suci bagi masyarakat Bali. Mata Air Tembeling memiliki beberapa keunikan yaitu adanya kola-kolam kecil di sepanjang alur sampai ke lokasi mata air. Ngarai ini terletak di seberang jurang dan terdapat dua bekas aliran air terjun. Namun sayang, air terjun tersebut tidak mengalir lagi dan hanya meninggalkan jejak seperti air terjun. Untuk sampai ke lokasi Mata Air Tembeling Nusa Penida membutuhkan tenaga dan perjuangan ekstra karena letaknya di tengah hutan dan jauh dari pemukiman warga. Setelah parkir kendaraan, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menapaki tebing-tebing bebatuan.

Selain itu mata air Tembeling memiliki air yang sangat jernih dan terdapat telaga yang cukup lebar dengan kedalamannya mencapai 10 meter. Di kolam ini hanya pengunjung laki-laki yang boleh berendam atau mandi di sini. Sementara itu, Pengunjung perempuan boleh mandi dan berendam di mata air lain yang berada di bawah, sekitar 20 meter dari mata air utama. Di mata air kedua ini lebih dangkal hanya sekitar 50 centimeter.

Mata Air Tembeling masuk dalam wilayah Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju Mata Air Tembeling Nusa Penida dari Pelabuhan Sampalan. Pengunjung dapat menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi.

  1. Banah Cliff

Pantai Banah Cliff Nusa Penida merupakan sebuah tebing kapur berlubang yang letaknya di tengah laut dengan pepohonan hijau yang tumbuh di atasnya. Panorama unik tebing berlubang yang hijau ini bisa Anda saksikan dengan jelas dari atas Pantai Banah. Tinggi Banah cliff mencapai kurang lebih 200 m di atas permukaan laut. Dari ketinggian tersebut, Anda dapat merasakan sensasi luar biasa dari banah cliff. Kejernihan air lautnya, membuat Anda bisa melihat ikan pari yang berenan. Datanglah di sore hari, maka Anda akan menyaksikan keindahan panorama sunset dari ketinggian Pantai Banah. Begitu pula jika Anda kesana di pagi hari, pasti dapat melihat sunrise yang menakjubkan.

Letak Banah Cliff adalah di tengah-tengah pantai Banah yang beralamat di Banjar Salak, Desa Batumadeg, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Perjalan ke Pantai Banah ini bisa Anda tempuh dengan mengendarai sepeda motor.

  1. Pura Paluang

pura paluangPura Paluang di Nusa Penida adalah satu-satunya pura yang memiliki bangunan suci dengan pelinggih berbentuk mobil, tidak seperti pelinggih pada umumnya di Bali. Karena pelinggihnya berbentuk  mobil , pura Paluang juga dikenal dengan nama pura Mobil.

Menurut cerita, saat malam hari warga setempat sering mendengar suara klakson mobil dengan sinar terang menuju arah barat laut. Namun, deru itu hanya sepintas saja dan sudah tidak tampak lagi. Pelinggih mobil ini konon sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Pura Paluang terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Untuk mencapai lokasi, dari pelabuhan Nusa Penida Anda dapat menempuh dengan sepeda motor sekitar 40 menit. Perjalanan Anda juga tidak mudah, Anda harus melalui jalanan berpasir dan agak sulit untuk dilalui.

  1. Air Terjun Peguyangan

air terjun peguyanganAir Terjun Peguyangan Nusa Penida sudah beroperasi sejak lama dan akan digunakan untuk menyalurkan air bersih ke rumah-rumah warga setempat. Mata air di sekitar Air Terjun Peguyangan dianggap sangat penting karena merupakan sumber mata air bagi penduduk setempat. Air Terjun Peguyangan Nusa Penida merupakan air terjun yang airnya langsung terjun ke laut lepas. Keindahan latar belakang foto Anda semakin artistik dengan view tebing serta tanaman hijau. Air Terjun Peguyangan berada di Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Bali.

  1. Seganing Waterfall

seganing waterfallAir Terjun Seganing Nusa Penida merupakan air terjun yang berada di terletak di area yang kawasan sekitarnya perbukitan kering dan tidak ada hutan di Nusa Penida, Bali. Air Terjun Seganing biasa disebut Air Terjun Sebuluh oleh warga setempat. Air Terjun Seganing Nusa Penida berada di Dusun Sebuluh, Desa Buga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Kungkung, Bali. Air Terjun Seganing letaknya tersembunyi di bawah tebing yang curam dan langsung berbatasan dengan lautan. Bagi pecinta petualang, sangat disarankan untuk mengunjungi Seganing Waterfall. Terdapat sumber mata air dengan kolam-kolam kecil pada lokasi wisata ini. Dari sumber mata air wisatawan akan melihat deburan ombak laut yang menghantam tebing karang.

  1. Gamat Bay

Gamat BayNusa Penida memiliki sejumlah spot untuk wisata air yang indah, salah satunya adalah Gamat Bay. Tempat ini adalah sebuah pantai di Nusa Penida dengan pasirnya yang lembut dan bersih. Pantai ini memiliki karang yang warna-warni. Air laut Gamat Bay yang jernih, membuat suasana bawah laut Gamat Bay jadi lebih menyenangkan. Gundukan-gundukan koral, karang-karang terjal serta celah-celah di bebatuan karang berbentuk goa adalah surganya ikan-ikan kecil untuk hidup dan berlindung. Gamat Bay memiliki arus bawah laut yang cukup kuat, jadi anda yang ingin melakukan penyelaman ataupun diving di tempat ini lebih diperuntukkan mereka yang sudah berpengalaman, termasuk juga perlu guide atau pemandu untuk menemani, sehingga wisata anda menjadi lebih aman dan nyaman. Gamat Bay Nusa Penida Bali terletak di  Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali – Indonesia.

Untuk info dan pemesanan paket tour Nusa Penida klik WhatsApp 08124671703.

Call Now Button
Open chat